External Hard Drive 2.5 Vs 3.5

by -57 views
cuma mau nambah komentar gan berdasarkan pengalaman,

dari harddisk yg ane coba sih (bukan coba di makan ya),
three,five jelas lebih awet untuk pemakaian saya, karena saya jarang mobile, harddisk di kamar kos terus, readwrite besar, akses hampir 24×7 , karakteristik penyimpanan file2 koleksi, dan banyak partisi, juga sering format bulldoze C bolak balik.

tapi komentar diatas karena beralasan atas fungsi penggunaan yg saya butuhkan tsb. kalau yg dibutuhkan berbeda ya beda lg konotasi awet nya, jadi buat apa dulu intinya gan… awet tahan lama kah, bandel kah gakpapa di banting2, tahan 25 jam kah, awet untuk fill-in kah dll.

Ingat segala elektronik tdk ada yg mendekati abadi, semua elektronik itu punya umur.

HDD rumahan itu rata2 umur normal penggunaan sekitar 3-5thn max 10thn (diatas itu siap2 aja, karena bisa sakit jantung mendadak
)
mobile HDD termasuk external itu 2-4thn max five-10thn
tp intinya tergantung penggunaan, bnyk ane liat dibawah masa umur atau pas habis garansi langs ko’information technology atau bahkan sudah jadi kakek moyang nya hdd tp masih powerfull :beer

sekarang kondisinya lebih spesifik aja ya,

HDD ext 3,5 7200rpm dgn bantuan listrik adapter vs HDD ext 2,5 5400rpm

sekarang menurut pendapat ane, atas yg dibutuhkan agan :
1. lama jam kerja
lama jam kerja gmn maksdnya nih gan?? lama spt 1 yg hddnya nyantol 24×7 di kamar kos gitu ?? atau lama waktu biar hemat batre ?? atau lama jam terbang hdd yg udah tahunan kuat dan bandel ??

2. kualitas listrik yg digunakan
kamsudnya gmn nih gan, takut listrik rumah naik turun bikin rusak ya ??

kalo menurut one ini ga ada bedanya, kan listriknya sama2 sudah di convert, dimana yg 3,5 dah pakai adapter jg kecuali adapternya yg rusak dan jebol, tp karena 2,five lebih hemat kebutuhan listrik dan lebih cenderung memang didesain utk mobile, jadi harusnya lebih aman. Sbenarnya yg serem itu kabel kecabut tdk sengaja karena human error spt ketendang talinya hingga tercabut sehingga alur listrik terputus tiba-tiba, jeleknya laptopnya ikut jatuh.

3. temperature ruangan
Sebenarnya ini ga signifikan gan, karena sama2 aja keduanya 3,v atau 2,five. umumnya 2,v lebih cpt panas, tp kalo adu panas 3,5 sbenarnya jauh lebih panas, total tidak HDD jg mempengaruhi panasnya, besar kecil kapasitas jg mempengaruhi gan, selain itu jg jumlah platter, jumlah caput, dll. intinya kalo dari sisi penempatan bisa kalo memang external jgn di panas2in lah, jauhin dari kanalpot laptop, usahakan adem. BTW di HDD internal ada tuh yg namanya lubang napas HDD, jadi kalau external saran belilah HDD yg memang didesain utk external, kalo beli casing merk cina ya bisa aja lubang napasnya malah ga bagus.

four. goncangan yg dialami hdd
Kalo goncangan jelas sebenarnya ga beda jauh, tp biasanya 2,v bnyk di desain utk lebih tahan goncangan karena digunakan utk laptop yg mobile.

Cuma daripada nge-estimate mending ane kasih info aja ke agan, biar agan pilih sendiri hitung2 nambah ilmu ye gan.

HDD two,5 itu umumnya butuh ability lebih kecil sehingga hemat energi, tp tidak terkecuali ada jg yg top performance dan boros

cthnya WD Blackseries yg didesain utk performa tinggi yg boros energi tp tdk menggaransi keawetan tinggi
emoticon-Big Grin

hemat listrik artinya batre laptop lebih hemat jg dan nyala laptop lebih lama, dan HDD 2,5 bnyk yg di desain khusus utk hemat energi.
tp ingat agar terus pakai kabel extention yg kompatible atau bagus, ciri2nya biasanya tebel atau bermerk, karena aliran tegangan arus yg buruk dari kabel bisa memperburuk performa HDD, kalo lebih besar biasanya ga terlalu apa2, masalahnya kalo terlalu kecil nih, ngadat2 bisa hehe lebay saya, ga terlalu lah gan
emoticon-Big Grin

dari strukturnya HDD 3,v itu lebih tough(kuat), tp jgn pikir kuat getar/banting justru 2,5 yg didesain utk laptop bisa lebih tahan getaran/banting.

Kemudian untuk masa/umur barang ya kembali ke penggunaan gan, agan rapih dan baik menjaga barang, ya baik barangnya, tp 3,v itu masa umur SMART nya lebih tinggi dibanding 2,5 CMIIW.

Kemudian spek rpm bukan berarti lebih besar lebih awet atau sebaliknya.

tp ilustrasinya gini “lebih cepat rotor bekerja, lebih cepat information dapat diakses, sehingga rotor tidak perlu bekerja keras yg lama karena data sudah didapat duluan toh ?? tp ingat jg rotor cepat spt motor aja gan, ngebut2 cepat rusak jg
emoticon-Big Grin

panas tidak HDDnya tidak ditentukan dari 3,5 atau 2,5 nya. Bnyk faktornya gan. Dari kapasitas HDD, lebih besar kapasitas biasanya platternya lebih bnyk, lebih bnyk platter lebih banyak jg caput yg bekerja, banyak head bekerja dan banyaknya isi information jg membuat HDD lebih keras bekerja dan lebih panas. Banyaknya platter jg mempengaruhi bnyknya komponen dalam satu harddisk, sehingga lebih pengap dan sempit isinya mempengaruhi panasnya. kecepatan HDD jg mempengaruhi panasnya, HDD yg cepat berarti rotornya cepat jg, rotor cepat butuh energi lebih banyak, energi bnyk ya panas jg gan
emoticon-Big Grin

Intinya kalo ga mau panas dan mau awet, ya HDD yg kapasitas kecil aja gan, disamping kalo memang datanya super penting, lebih murah utk di recovery di manggadua
emoticon-Big Grin

TP memang dari pengalaman one pribadi di 5 HDD internal three,5 ane dan 4 HDD internal 2,5

HDD 3,v masih bertahan semua dgn umur lebih dari 5 tahun bahkan ada yg seumur dari 1998 yg masih 16gb. tp ada jg yg performanya menurun. dari keseluruhan 3,5 cuma satu yg SMART nya menunjukkan di angka 70% yaitu WD Green series, sisanya dah drop dibawah xxx% atau 0% hehe

Lalu utk HDD ii,five i yg rata2 diatas 3thn. semuanya performa menurun, cek SMART aja one ga brani gan, ada yg dah bunyi2 “kletek2”, ada yg panas bgt tp masih bisa kerja, sampai ada 1 yg dah kategori dead. tp yg satu masih powerfull utk urusan format, backup temporer dan mobile ane. tp kalo dari performa speednya kyknya menurun semua gan, maklum lah dah diatas 3thn semua, beda jauh dibanding pertama dulu ane beli gan.

Saran ane lebih baik agan tentuin buat apa sbenarnya, cari yg sesuai, jgn banci gan mau mobile tp beli yg internal, atau mau yg rumahan tp beli yg mobile spt ane, karena tidak tepat sasaran gan. Bnyk kok sekarang HDD yg spesifik utk backup, ada yg spesifik utk nyimpan film, ada yg spesifik utk streaming, dll.

Segala komentar saya ini murni dari pendapat dan pengalaman i semata, dan ane juga user kok yg berniat berbagi dan belajar, mohon di koreksi (CMIIW) jika ada yg berkenan dan silahkan ane terbuka menerima diskusi.

Source: https://www.kaskus.co.id/thread/5121c80305346a3a7e000004/hdd-external-35quot-vs-25quot-awet-mana/